Pages

Tuesday 3 January 2012

TERUSAN PANAMA


Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah tinggi Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan laut Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memendekkan waktu perjalanan kapal laut karena tidak perlu melalui ujung selatan Amerika Selatan.
rancangan pembangunan terusan ini sudah mula dirancangan di tahun 1500-an namun  dilaksanakan pada 15 Agus 1914. Walaubagaimanapun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun.
Terusan Panama menghubungkan Teluk Panama di laut Pasifik dengan Laut Karibia di laut Atlantik. Karena bentuk dari tanah tinggi Panama adalah “S”, terusan ini memotong dengan arah barat laut – tenggara. Untuk mempermudah, otoritas terusan mengklasifikasikan perjalanan kapal dengan arah northbound (menuju utara) bagi kapal yang menuju laut Atlantik dan southbound (menuju selatan) bagi kapal yang menuju Samudera Pasifik. Untuk menyeberang, sebuah kapal memerlukan masa 9 jam

The Canal uses a system of locks -compartments with entrance and exit gates. The locks function as water lifts: they raise ships from sea level (the Pacific or the Atlantic) to the level of Gatun Lake (26 meters above sea level); ships then sail the channel through the Continental Divide.
Each set of locks bears the name of the townsite where it was built: Gatun (on the Atlantic side), and Pedro Miguel and Miraflores (on the Pacific side).The lock chambers -steps– are 33.53 meters wide by 304.8 meters long. The maximum dimensions of ships that can transit the Canal are: 32.3 meters in beam; draft -their depth reach- 12 meters in Tropical Fresh Water; and 294.1 meters long (depending on the type of ship).The water used to raise and lower vessels in each set of locks comes from Gatun Lake by gravity; it comes into the locks through a system of main culverts that extend under the lock chambers from the sidewalls and the center wall.The narrowest portion of the Canal is Culebra Cut, which extends from the north end of Pedro Miguel Locks to the south edge of Gatun Lake at Gamboa.
This segment, approximately 13.7 kilometers long, is carved through the rock and shale of the Continental Divide. Ships from all parts of the world transit daily through the Panama Canal. Some 13 to 14 thousand vessels use the Canal every year. In fact, commercial transportation activities through the Canal represent approximately 5% of the world trade.The Canal has a work force of approximately 9 thousand employees and operates 24 hours a day, 365 days a year, providing transit service to vessels of all nations without discrimination.
Niat untuk membuat sebuah terusan di tanah tinggi Panama pertama kali dicetuskan oleh Raja Charles V dari Spanyol di tahun 1524 untuk memendekan waktu kapal, terutama yang membawa emas. walau bagaimapaun  pada tahun 1529, keadaan politik dan teknologi di Eropa pada saat itu masih belumsesuai untuk melaksanakanya .Setelah berbagai cara pengngankutan selain menggunakan kenderaan laut gagal atau dinilai kurang efektif, rancangan pembangunan terusan mencul kembali.Terusan Suez,diteruskan oleh 
Perancis di bawah kepimpnan Ferdinand de Lesseps bermula   pada 1 Januari1880 namun terhenti karena penyakit pada tahun 1893.Pembangunan dilteruskan oleh Amerika Serikat di bawah pimpinan Theodore Roosevelt pada tahun 1904 setelah AS membantu Panama merdeka dari Kolombia . Pembangunan  oleh Amerika Serikat ini bermula pada 4 Mei 1904. Berbagai cara dillakukan untuk mengatasi masalah dan akhirnya  dibuka pada 15 Agustus 1914 dengan perjalanan kapal Ancon.
Terusan ini serta daerah disekitarnya dikawal oleh Amerika Serikat sehingga 31 Desembe 1999 setelah Presiden AS Jimmy Carter menandatangani Traktat Torrijos-Carter pada 7 September 1977. Sekarang, terusan ini dikawal oleh pengurusan Terusan Panama.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pelaut Malaya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...